Kalsel

Awal Tahun Baru, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Mengawali tahun baru 2020 kondisi cuaca di Kalsel kembali tidak bersahabat. Pasalnya ancaman…

Prakiraan Cuaca. Foto-apahabar.com/Infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Mengawali tahun baru 2020 kondisi cuaca di Kalsel kembali tidak bersahabat. Pasalnya ancaman cuaca ekstrem masih membayangi sejumlah wilayah di 13 kab/kota.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (01/01), hujan disertai petir dan angin kencang masih akan terjadi di Kalsel.

Pada pagi hari BMKG memprakirakan, ada tiga wilayah akan diguyur hujan lebat disertai petir. Seperti Batulicin (Tanah Bumbu), Kotabaru, dan Pelaihari (Tanah Laut).

Selain itu tiga wilayah itu, hujan juga mengguyur wilayah lainnya, terkecuali Amuntai (Hulu Sungai Utara), Paringin (Balangan), Rantau (Tapin), Barabai (Hulu Sungai Tengah), Kandangan (Hulu Sungai Selatan), dan Tanjung (Tabalong).

Sementara Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan (Barito Kuala), dan Martapura (Banjar) diguyur hujan dengan intensitas ringan.

BMKG pun menghimbau agar warga waspada terhadap wilayah yang masuk dalam peringatan dini mereka.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pagi hari di wilayah kota/kab Banjar, Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Kotabaru, Tanah Bumbu, Barito Kuala, Tapin dan sekitarnya,” tulis BMKG dalam laman resminya, Rabu.

Sementara itu, pada siang dan malam hari, BMKG memprakirakan hujan masih mengguyur sejumlah wilah Kalsel, terkecuali Barabai, Batulicin, Kandangan, Kotabaru, dan Paringin.

Terlepas dari itu, suhu udara relatif normal. Yakni berkisar antara 23-35 derajat celcisu. Sementara tingkat kelembaban di rentang 55-100 persen. Sedangkan kecepatan angin bertiup paling tinggi 19 km/jam.

Baca Juga: Barito Dikabarkan Kepincut Ezechiel, Ini Kata Djanur

Baca Juga: Dipromosikan Djanur ke Barito Senior, Ini Kata David Maulana dan Bagas

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin