Pemkab Tanah Bumbu

Atasi Jalan Rusak, PUPR Tanbu Turunkan Tim Reaksi Cepat Preservasi Jalan

apahabar.com, BATULICIN – Bertepatan Hari Bakti PU ke 74 yang diperingati setiap 3 Desember, Dinas Pekerjaan…

Kadis PUPR Tanah Bumbu, H Ansyari Firdaus saat menerima mobil operasional Tim Reaksi Cepat Preservasi Jalan oleh Sekretaris Daerah, H Rooswandi Salem. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Bertepatan Hari Bakti PU ke 74 yang diperingati setiap 3 Desember, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu meluncurkan Tim Reaksi Cepat Preservasi Jalan.

Tim ini memiliki tugas khusus untuk menangani dan memperbaiki kerusakan jalan berskala kecil yang ada di Tanbu.

“Tim itu akan bekerja secara berkala, yakni dua kali dalam sebulan untuk melakukan survei kondisi jalan yang ada di Bumi Bersujud dengan sistem Survei Analisa Tangani,” ujar Kadis PUPR Tanbu, H Ansyari Firdaus, kepadaapahabar.com, Senin (02/12).

Sistem Survei Analisa Tangani adalah sistem mobilisasi yang berjalan mencari titik kerusakan jalan dengan menggunakan armada atau mobil khusus.

“Dengan mobil khusus yang sudah disediakan, tim langsung terjun ke lapangan mencari titik-titik jalan yang rusak. Intinya tim lebih tanggap untuk mencari dan memperbaiki kerusakan,” jelasnya.

Tim reaksi cepat preservasi jalan ini juga merupakan inovasi dan inisiatif dari bupati dan sekretaris daerah yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Tanah Bumbu.

Mengenai titik jalan yang paling banyak mengalami kerusakan di Tanbu, Ansyari menyebut ada di Kecamatan Karang Bintang dan Sungai Loban.

“Titik yang paling banyak ada di Karang Bintang dan Sungai Loban, dan ini akan kita lakukan perbaikan bersifat permanen apabila terdapat kerusakan yang kecil, kalau pun rusaknya parah dan skala besar mungkin sementara akan dilakukan pengerasan atau cor semen,” ujarnya.

Ditanya mengenai anggaran, Ansyari menjawab ada sekira 1 miliar yang disiapkan oleh pemerintah untuk ini yang bersumber dari APBD.

“Ada 1 miliar rupiah yang dianggarkan untuk se-Tanah Bumbu, ini pun masih kurang dari perkiraan hitungan mencapai 5 miliar,” ujarnya.

Baca Juga:Aksi Sosial PUPR Kalsel Peringati Hari Bakti PU ke 74

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, Dinas PUPR Tanbu Gelar Bimtek SMKK

Reporter: Ahc21
Editor: Aprianoor