Natal 2023

Arus Balik Libur Natal, Tol Menuju Jakarta Longgar

Polisi ungkap situasi arus balik libur Natal, Selasa (26/12). Terpantau ramai lancar, tanpa kepadatan.

Kendaraan Jalur Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat. Foto: ANTARA

apahabar.com, JAKARTA  - Polisi ungkap situasi arus balik libur Natal, Selasa (26/12). Terpantau ramai lancar, tanpa kepadatan.

"Setelah kami tadi terbang pukul 09.00 dari lapangan Bhayangkara Polri menuju Cikampek, kemudian dari Cikampek menuju Cileunyi di Jawa Barat situasi penggunaan jalan cukup lancar, ramai lancar kondusif," ujar Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Ahamd Musthofa Kamal.

Baca Juga: Arus Balik Natal, Palimanan Hingga Cikampek Dijadikan Satu Arah

Kata dia, di Pintu Tol Cikopo balik arah dari Jakarta menuju Cikopo atau Jawa Barat wilayah Timur, Cirebon cukup lancar. Tidak ada kepadatan sama sekali.

Meski begitu, Korlantas sudah lakukan antisipasi rekayasa lalu lintas pukul 14.00 WIB. Berupa one way dari Km 188 kemudian Tol Cipali sampai dengan Km 72 Cikampek Utara.

"Karena besok akan masuk kerja hari pertama seluruh ASN dan pegawai akan masuk kerja," ucapnya.

Kemudian rekayasa lalu lintas contraflow menggunakan dua lajur. Dimulai dari Km 72 sampai dengan Km 48. Juga dari KM 47 sampai Km 36.

Baca Juga: Menhub Ungkap Puncak Arus Balik, Hindari Tanggal Ini

"Kemudian kendaraan dari Bandung yang akan menuju Cirebon melalui Tol Cisumdawu akan diberlakukan exit Cimalaka ke tol melalui cabang Tol Palimanan dan Cirebon," tutur Kamal.

Selanjutnya, pada jalur one way arah balik bisa keluar melalui gate interchange. Yaitu Sumber Jaya, Kertajati, Cisumdawu, Cigedu, Subang, Kalijati dan Cikopo.