liga inggris

Arsenal 0-0 Newcastle, Mikel Arteta: Pelanggaran yang Memalukan!

Arsenal gagal mempertahankan rekor kemenangan di kandang sendiri musim ini, setelah hanya meraih hasil imbang dari Newcastle pada lanjutan Liga Inggris.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta kesal dengan wasit yang memimpin laga Arsenal vs Newcastle, Rabu (4/1) dinihari WIB. Skor berakhir imbang 0-0. (Foto: dok. arsenalfc)

apahabar.com, JAKARTA - Arsenal gagal mempertahankan rekor kemenangan di kandang sendiri musim ini, setelah hanya meraih hasil imbang dari Newcastle pada lanjutan Liga Inggris, Rabu (4/1) dinihari WIB.

Bermain imbang tanpa gol di Emirates Stadium, The Gunners kehilangan kesempatan untuk menambah defisit poin dari kejaran peringkat kedua, Manchester City di klasemen Premier League 2022/2023.

Arsenal sebenarnya memiliki kesempatan emas untuk unggul ketika handsball Jacob Murphy di dalam kotak penalti pada menit akhir pertandingan.

Namun wasit Andy Madley menolak untuk memberikan hadiah penalti, meski anak asuh Mikel Arteta sempat melayangkan protes.

Baca Juga: Menang 3-0 atas Bournemouth, Ten Hag Sebut MU Menang Hoki!

“Saya sangat bangga dengan cara kami bermain, cara kami mendominasi permainan, pendekatan yang kami lakukan sejak awal,” ujar Arteta seusai laga di laman resmi klub.

“Kami kekurangan percikan di sepertiga akhir untuk menemukan celah itu, untuk menemukan momen yang tepat untuk umpan ekstra dan sedikit kualitas penyelesaian. Tapi kami memiliki banyak situasi di dalam dan di sekitar [kotak penalti] untuk berbuat lebih baik dan kemudian ada dua pelanggaran yang memalukan.

Sebelum peluang penalti di menit akhir, Arsenal juga memiliki kesempatan sama ketika Dan Burn melakukan pelanggaran dengan menarik baju Gabriel Martinelli.

Dalam protes kerasnya, manajer Arsenal Mikel Arteta sempat terlihat cekcok dengan rekannya Eddie Howe yang juga pelatih tim lawan, Newcastle.

Baca Juga: Jokowi Setuju Shayne Pattynama Jadi WNI, Otw Gabung Timnas

Namun Eddie Howe mengatakan bahwa hubungan dirinya dan Arteta tidak ada masalah, meski beradu mulut di pinggir lapangan.

“Saya tidak mengira itu penalti hanya karena sebagai pelatih tim, tetapi Anda tidak pernah tahu. Saya dan Mikel [Arteta], kami baik-baik saja,” ujar pelatih Newcastle, Eddie Howe.

Kegagalan meraih poin penuh membuat posisi Arsenal di puncak klasemen terancam oleh Manchester City.

City yang saat ini mengumpulkan 36 poin tertinggal 8 angka dari Arsenal, dan berpeluang untuk memperkecil defisit ketinggalan saat bertemu Chelsea, Jumat, 6 Januari 2023.