Kalsel

Api Tungku Masak Sambar Tangki Motor Lalu Meledak, Yusuf Nyaris Terpanggang

apahabar.com, KANDANGAN – Musibah kebakaran terjadi di Kota Kandangan, Kamis (11/7/2019) malam sekira pukul 19.45 wita….

Yusuf saat perawatan luka bakar di RS H Hasan Basri Kandangan. Foto-Istimewa.

apahabar.com, KANDANGAN – Musibah kebakaran terjadi di Kota Kandangan, Kamis (11/7/2019) malam sekira pukul 19.45 wita.

Satu rumah tepatnya di samping Wong Solo Kandangan di Jl A Yani Kelurahan Kandangan Barat RT 003, Kecamatan Kandangan, terbakar hampir 70 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun, satu rumah yang ludes terbakar dihuni oleh Yusuf (29) dan isterinya Fathul Jannah, merupakan warga asli setempat.

Awal mula kejadian Fathul Jannah (29) memasak menggunakan kayu bakar di tungku dekat sebuah sepeda motor. Lantas api yang besar rupanya menyambar tangki bensin sepeda motor. Kebetulan jaraknya berdekatan dengan tungku tempat memasak.

Akibat sambaran ke tangki tersebut, api langsung berkobar besar. Tangki sepeda motor itu sendiri meledak dan langsung menyambar bagian belakang hingga kaki Yusuf. Kebetulan saat itu Yusuf berada tak jauh dari sepeda motornya.

Yusuf lantas berupaya lari ke belakang rumah untuk menyelamatkan diri. Ia melepaskan celana jeans dan bajunya yang disambar api. Beruntung ia tak dipanggang hidup-hidup.

“Korban sampai sekarang masih di rawat di RS H Hasan Basri Kandangan, setelah berhasil dievakuasi masyarakat setempat,” kata Wahdah adik dari Fathul Jannah, istri Yusuf.

Wahdah dan saudaranya ini rumahnya berdamping. Saat kejadian, ia mencuci piring, hanya pembatas dinding seng saat sepeda motor kakak iparnya itu meledak. Saya kira gas yang meledak, ternyata sepeda motor.

“Akhirnya saya langsung keluar rumah saat mendengar ledakan. Sementara, kaka saya Fathul Jannah dan adik Fatimah (27) selamat,” ujarnya.

Beruntung lah api bisa dengan cepat dipadamkan, api tak sempat merembet kebagian depan. “Kebetulan kaka saya jualan pulsa dan jual bensin,” ungkapnya.

Kapolsek Kandangan AKP Yaya Supriadi menyampaikan, api berhasil dipadamkan, oleh PMK HSS dibantu masyarakat setempat sekitar 30 menit kemudian.

Bangunan yang terbakar 70 persen, dari luas bangunan 6×5 meter, dan kerugian diperkirakan Rp50 juta. “Beruntunglah api tak merembet ke sebelah rumah. Dan sudah diamankan 1 unit sepeda motor Shogun, 3 jirigen yang berisi bensin, 2 kayu bakar, 1 panci,” terang AKP Yaya.

Baca Juga:Ratusan Santri TKA/TPA Ikuti Wisuda di Masjid Agung Taqwa Kandangan

Baca Juga:Tiga Siswa SMK 2 Kandangan Wakili Kalsel LKS Nasional

Reporter: SimahEditor: Ahmad Zainal Muttaqin