Kebakaran Jakarta

Api Lahap Puluhan Rumah Semi Permanen di Pademangan Jakut

Api melahap puluhan rumah di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Hidup Baru RT 11/02, Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (11/6)

Puluhan rumah semi permanen di kawasan Pademangan Barat hangus dilalap si jago merah, Minggu (11/6). (Foto: apahabar.com/Ryan)

apahabar.com, JAKARTA - Api melahap puluhan rumah di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Hidup Baru RT 11/02, Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (11/6).

Terlihat kobaran api menghanguskan bangunan rumah jenis semi permanen yang berada di samping rel kereta Pasar Rajawali.

Sementara warga atau penghuni yang dekat dengan sumber api terlihat berupaya menyelamatkan barang berharga. Beberapa warga lainnya pun ikut membantu untuk memadamkan api.

Baca Juga: Titik Api di Palangka Raya Bandel, 21 Hektare Lahan Sudah Terbakar

Salah satu warga, Solihin (44) mengatakan bahwa kebakaran ini muncul atau berawal dari salah satu rumah warga yang sedang mengolah bahan baku nasi goreng.

"Itu (awal api) dari tempat atau rumah tukang nasi goreng. Lagi masak (olah bahan) tiba-tiba meledak gasnya dan merembet ke rumah lainnya," kata Solihin.

Solihin menyebut kuat dugaan kebakaran terjadi lantaran ada ledakan dari tabung gas di salah satu rumah. Sedikitnya ada puluhan rumah yang terdampak dari ledakan ini.

Baca Juga: Pemilik Resto Langganan Jokowi Bantah Kebakaran 4 Juni

"Ada puluhan rumah yang kena, tadi sempet gede suara ledakannya ada kali tiga kali ledakan. Itu mungkin tukangnya lagi masak untuk olahan makanan jual nasi goreng," jelasnya.

Petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Utara dibantu warga untuk melakukan pemadaman. Terlihat belasan unit dikerahkan untuk menjinakkan api.