Kalsel

APD Bantuan Covid-19 Tiba di Banjarmasin, Walhi: Harus Tepat Sasaran

apahabar.com, BANJARMASIN – Alat pelindung diri (APD) untuk tim medis Covid-19 tiba di Banjarmasin. APD bantuan…

Ilustrasi perawat mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) baju hazmat (Hazardous Material) membawa pasien dalam pengawasan Corona. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Alat pelindung diri (APD) untuk tim medis Covid-19 tiba di Banjarmasin.

APD bantuan dari Kementerian Kesehatan RI itu tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pukul 20.55, Selasa (24/3).

“Ya. Baru 30 (APD),” ucap Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Covid-19 Kalsel, Wahyuddin dikonfirmasi apahabar.com melalui pesan singkat, Rabu (25/3) sore.

Selain itu, Wahyuddin memastikan akan ada penambahan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 1.500 APD.

Informasi terhimpun, Kalsel juga menerima sumbangan dari Panglima TNI berupa obat-obat terkait Covid-19 yang akan tiba di Lanud Syamsuddin Noor, pukul 19.30 hari ini.

“Malam ini ada tambahan dari BNPB sekitar 1500,” sebut Kepala BPBD Kalsel ini.

Seluruh bantuan tersebut akan diprioritaskan untuk rumah sakit rujukan Covid-19. Yakni, RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD H Boejasin Pelaihari.

Merespons itu Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalsel Kisworo Dwi Cahyo meminta distribusi APD tepat sasaran.

“Harus tepat sasaran terutama untuk para tenaga medis dan kaum rentan,” jelas Kisworo.

Dalam kondisi darurat ini Walhi memandang keberadaan APD penting untuk tenaga medis yang berada di garis depan penanganan Covid-19.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah