Aparat Gabungan Disiagakan Menjelang Pilkades Tala Besok

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tanah Laut (Tala) berlangsung, Rabu (13/9/2023) besok. Aparat keamanan gabungan pun bakal disiagakan di 1

Personel dan logistik dilepas oleh Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto. Foto: Polres Tala

apahabar.com, PELAIHARI - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tanah Laut (Tala) berlangsung, Rabu (13/9/2023) besok. Aparat keamanan gabungan pun bakal disiagakan di 169 TPS.

Pesta demokrasi Pilkades Tala kali ini dilaksanakan di 52 Desa. Logistik Pilkades seperti surat suara, kotak suara, bilik suara dan alat kelengkapan TPS juga telah didistribusikan sejak pagi tadi.

Kapolres Tala AKBP Rofikoh Yunianto mengungkapkan total personel yang bertugas pada Pilkades kali ini sebanyak 415 orang dan bertugas di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) pada setiap kecamatan se-Kabupaten Tala.

“Para personel ini nantinya akan bertugas di 169 TPS se-Kabupaten Tala,” ungkapnya.

Dia berharap para personel yang bertugas, agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) dan jangan sampai ada personel yang mendukung salah satu calon kades.

“Jangan ada personel yang bermain-main dan mendukung salah satu calon. Pastikan Pilkades berjalan aman dan demokratis,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Tala, Muhammad Kusri menuturkan ada lima personel keamanan yang bertugas di setiap TPS.

“Personel ini terdiri satu orang dari Polres, satu orang dari TNI, satu orang dari Satpol PP dan Damkar, serta dua orang dari Linmas,” katanya.

Kusri mengatakan, personel keamanan tersebut bertugas sejak hari ini hingga nantinya selesai pemungutan suara.

“Untuk pengamanan yang dilakukan adalah saat pemilihan, pengantaran kotak suara ke kecamatan, serta pendistribusian kotak suara ke kabupaten,” pungkasnya.