Kalteng

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Perumahan NSD Kapuas Disulap Jadi RS Darurat

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng akan menjadikan perumahan New Site Development (NSD) sebagai…

Oleh Syarif
Perumahan NSD di Kabupaten Kapuas yang akan dijadikan rumah sakit darurat lapangan. Foto-Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng akan menjadikan perumahan New Site Development (NSD) sebagai rumah sakit darurat lapangan.

Perumahan NSD di Kabupaten Kapuas berlokasi di Handil Berkat Makmur, Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat.

Selama pandemi Covid-19 perumahan NSD dijadikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas sebagai rumah karantina bagi pasien Covid-19.

Direktur RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo, mengatakan, tujuan akan dijadikannya perumahan NSD sebagai rumah sakit darurat lapangan, untuk mengantisipasi seandainya terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Iya, untuk antisipasi seandainya terjadi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang kemarin,” kata Direktur RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kapuas, dr Agus Waluyo, di Kuala Kapuas, Rabu (16/12).

Menurut Agus pada saat lonjakan kasus Covid-19 yang ke 2 kemarin, RSUD Kapuas mengalami overload, karena untuk pelayanan Covid-19 RSUD Kapuas hanya memiliki 4 ruangan dengan kapasitas 22 tempat tidur.

“Jadi, kita sangat kasihan dengan masyarakat karena untuk pelayanan Covid-19 di Kabupaten Kapuas sangat terbatas ruang isolasinya,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Agus, sangat diperlukan adanya rumah sakit darurat lapangan dan Pemkab Kapuas pun akan menjadikan perumahan NSD sebagai rumah sakit darurat lapangan

“Jadi, kami bersama tim Satgas Covid-19 Kapuas mengupayakan perumahan NSD selain sebagai tempat isolasi juga dijadikan sebagai perpanjangan rumah sakit atau rumah sakit darurat lapangan,” pungkas dr Agus.