Kalsel

Antisipasi Kemarau, Tiga Armada Tangki Siaga di Balangan

apahabar.com, PARINGIN – Memasuki musim kemarau tiba, tahun ini, sejumlah lokasi di Kabupaten Balangan dinilai rawan…

Ilustrasi petani mengangkut air saat kemarau. Foto-net

apahabar.com, PARINGIN – Memasuki musim kemarau tiba, tahun ini, sejumlah lokasi di Kabupaten Balangan dinilai rawan mendapat air bersih. Namun, sebagai antisipasi, tiga armada tangki disiagakan untuk membantu warga.

Baca Juga: Kemarau, Warga Banjarmasin Diminta Waspada Kebakaran

Sejauh ini, ketersediaan air bersih masih dijamin oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balangan. Namun jika memang saat kemarau nanti, warga sulit mendapatkan air bersih, maka bersama dengan BPBD Balangan, mereka siap mendistribusikannya.

“Untuk ketersediaan air bersih saat ini di Kabupaten Balangan masih cukup dan masih aman. Namun sebagai antisipasi, kami juga menyiapkan 3 armada tangki, khusus untuk daerah rawan kekeringan,” ujar Humas PDAM Balangan, Hendra Ciptadi kepada apahabar.com, Minggu (14/07/2019).

Sementara itu, Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love menambahkan, sejumlah daerah dinilai rawan kekeringan sudah mulai mendapatkan bantuan air bersih. “Penyaluran air bersih dilakukan oleh BPBD Balangan bekerjasama dengan PDAM Balangan serta pihak terkait,” tambahnya.

Ia menyebutkan pihaknya telah pengiriman air bersih ke Desa Sumber Rejeki, Dusun VI, RT 07 hingga RT 13 di Kecamatan Juai, Rabu (10/07/2019). Sedikitnya ada 210 kepala keluarga yang bisa menikmatinya.

Baca Juga: Bulog Pastikan Stok Beras Musim Kemarau Terkendali

“Penyaluran air bersih ini dalam rangka upaya antisipasi sejak dini, untuk menanggulangi kekurangan air bersih di daerah rawan,” tegas Alive.

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin