Erupsi Gunung Merapi

Antisipasi Dampak Abu Erupsi Merapi, Pemkot Magelang Gelar Penyemprotan di Area Publik

Pemerintah Kota Magelang menggelar penyemprotan di sejumlah area publik. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya dampak erupsi Gunung Merapi.

Ilustrasi Kota Magelang (Foto: Detik.com)

apahabar.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Magelang menggelar penyemprotan di sejumlah area publik. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya dampak erupsi Gunung Merapi, serta menanggulangi sebaran abu vulkanik yang meluas di sekitar area Gunung Merapi.

"Dilakukan penyemprotan di sejumlah area publik, baik itu taman maupun ruas-ruas jalan di Kota Magelang," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kota Magelang Larsita seperti dilansir Antara, Minggu (12/3).

Penyemprotan tersebut sudah dilakukan sejak Sabtu malam di area Alun-alun Kota Magelang dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, UPT Damkar, dan PDAM. Termasuk di antaranya juga turut melibatkan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Relawan PMI dan Tagana.

Selain melakukan penyemprotan di sejumlah area publik, juga dilakukan pembagian masker di beberapa titik ruas jalan agar membantu masyarakat terhindar dari sesak nafas.

Selain itu, obat-obatan terkait iritasi mata maupun masalah pernafasan juga disiapkan di Puskesmas dan Puskesmas Pembantu untuk masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Wakil Wali KOta Magelang M. Mansyur mengimbau kepada masyarakat agar bergotong royong membersihkan lingkungan dan debu erupsi Merapi.

"Agar Kota Magelang tetap bersih dan terjaga kesehatan warganya," katanya.

Ad