Hot Borneo

Antisipasi Barang Terlarang Masuk Lapas Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – Lapas Kelas IIA Kotabaru terus berupaya mendeteksi dini adanya gangguan keamanan dan ketertiban….

Oleh Syarif
Razia rutin digelar di Lapas Kotabaru mengantisipasi gangguan keamanan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Lapas Kelas IIA Kotabaru terus berupaya mendeteksi dini adanya gangguan keamanan dan ketertiban.

Antisipasi itu tergambar dengan digelarnya razia, ataupun penggeledahan secara rutin di blok, dan kamar hunian warga binaan Lapas Kotabaru.

Kalapas Kotabaru, Yosef Yambise, mengatakan giat razia dilakukan dalam rangka mendeteksi dini gangguan keamanan, serta memberantas peredaran barang-barang terlarang di Lapas.

“Jadi, para warga binaan yang kamarnya dirazia, kami langsung berikan pengarahan, sembari mengikuti kegiatan GERPASMA di Lapangan Olahraga,” ujar Yosef, Selasa (31/5).

“Kami pastikan pula, meskipun giat ini dilakukan mendadak, dan rahasia, petugas tetap mengedepankan norma kemanusiaan dan sopan santun terhadap warga binaan,” imbuhnya.

Selain itu, Yosef menyebut giat razia digelar merupakan wujud nyata dari komitmen zero halinar (Handhphone Pungli Narkoba).

Seringnya upaya pencegahan melalui razia dipastikan mampu menekan angka pelanggaran yang dilakukan oleh warga binaan.

“Intinya, giat razia seperti ini akan terus kami lakukan agar Lapas Kotabaru terbebas dari penggunaan dan peredaran barang-barang terlarang dan berbahaya,” tandas Kalapas.