Anies Beberkan Peluang Koalisi dengan Demokrat dan PKS

Bakal Calon Presiden yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan mengungkapkan sinyal koalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejah

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Instagram Anies Baswedan)

apahabar.com, JAKARTA – Bakal Calon Presiden yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan mengungkapkan sinyal koalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih terbuka lebar.

"Kami selalu mengadakan silaturahmi, dengan pimpinan wilayah, daerah Partai NasDem, Demokrat dan PKS juga itu akan kami lakukan," ujar Anies seperti dilansir Antara, Minggu (11/12).

Baca Juga: PKS dengan Gerindra Akan Rujuk, Bagaimana Nasib Anies?

Mengenai hal itu, sejauh ini pihaknya masih melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan parpol lain. Bahkan, dalam setiap pertemuan-pertemuan tetap mengakomodir unsur dari daerah-daerah. Dengan begitu ia berharap akan terbangun hubungan antara eksekutif dan legislatif.

Ditanya mengenai tudingan safari politik yang dilakukannya di sejumlah daerah disebut berkampanye lebih awal, kata dia, disebutnya belum masuk jadwal. Melainkan dalam Undang-undang dijelaskan terdapat bagian hak warga negara menyampaikan pendapat.

“Setiap warga negara berhak untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat kapan saja dan di mana saja. Karena ini negara demokrasi, kebebasan berpendapat, berserikat dilindungi undang-undang,” terangnya.

Baca Juga: Indikator Politik: Ganjar Pranowo Lebih Unggul Dari Anies dan Prabowo

Wakil Ketua DPP NasDem Ahmad Ali pada Rapat Akbar mengatakan apa yang sudah dilakukan Anies Baswedan bukan bagian dari curi start atau sebagai sebuah pelanggaran. Sebab, sejauh ini Anies merupakan belum terdaftar sebagai calon presiden yang mendaftar di KPU.

“Sedangkan aturan KPU yang berlaku ketika tahapan sudah dilaksanakan. Hari ini, konsolidasi Partai NasDem sebagai bentuk mengawal keputusan Ketua Umum (Surya Paloh) menetapkan Anies dari Partai NasDem," katanya.

berdasarkan dari jadwal safari politik Anies di Sulsel, setiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dikawal simpatisan bergerak menuju Kampus Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar untuk membawakan kuliah umum.

Selanjutnya santap siang dirangkaikan silaturahmi bersama Forum Dosen di lokasi empang milik mantan Menteri Pertanian sekaligus Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman.

Baca Juga: Deklarasi Anies Baswedan Jadi Capres, Pengamat: Picu Pro Kontra Sejumlah Partai

Usai menyerap aspirasi dari para dosen, Anies menuju gedung CCC untuk menghadiri Rapat Akbar dan Silaturahmi Partai NasDem Sulsel bersama kader, simpatisan partai dan mengukuhkan puluhan relawannya. Selanjutnya bergerak ke Masjid Al Markaz Al Islami untuk melaksanakan salat Magrib.

Kemudian dilanjutkan menghadiri makan malam bersama tokoh masyarakat dan pemuka agama. Rencananya, Anies juga akan menghadiri jalan santai bersama masyarakat di Kabupaten Pangkep pada Minggu (11/12/2022) pagi.