Pemilu 2024

Anies Baswedan Bakal Bertemu SBY di Pacitan Hari Ini

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan akan bertemu dengan Mantan Presiden Ke-6 di Kota Pacintan.

Calon Presiden Usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan sayang dan bertemu langsung dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, setelah mendengar adanya kasus korupsi yang menjerat Menkominfo sekaligus Sekjen NasDem Johnny G Plate, Rabu 17 Mei 2023. Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

apahabar.com, JAKARTA - Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kabarnya akan segera bertemu bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6).

Pertemuan itu diketahui seiring adanya Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu di tanah kelahirannya di Kota Pacitan sejak Rabu (31/5).

"Terkait apakah Pak SBY akan ketemu Pak Anies (di Pacitan) kami belum tahu kepastiannya. Informasi lain-lain berkaitan hal tersebut akan kami sampaikan nanti," kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Arif Setyo Budi kepada media.

Baca Juga: Demokrat Bakal Jadwalkan Pertemuan Prabowo dan SBY

Sebelumnya, Ayah dari Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono tersebut, juga sempat bertemu bakal capres lain yang diusung Partai Gerindra, Prabowo Subiakto di Museum SBY-ANI, Pacitan pada Sabtu (20/5).

Pertemuan saat itu dilangsungkan tertutup. Terkait peprtemuan itu, tidak ada konfirmasi ataupun pernyataan eksplisit, baik dari SBY maupun pihak Prabowo terkait pembahasan dalam pertemuan tersebut.

Prabowo saat dicegat awak media berdalih pembicaraan bersifat umum dan seputar nostalgia kehidupan kedua tokoh nasional itu saat di Akademi Militer, dimana keduanya pernah sama-sama sekolah militer.

Baca Juga: Gerindra Sebut Prabowo Rencana Ketemu SBY dalam Waktu Dekat

Kendati begitu, rumor berbau politik pasca-pertemuan itu segera menyeruak, termasuk wacana koalisi dan penggalangan dukungan antara kedua parpol.

"Ya (pembahasan) lebih banyak nostalgia. Tapi intinya (kami) saling menyambung silaturahim persahabatan," jawab Prabowo saat itu.

Kini, giliran bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan.

Sejumlah awak media di daerah pun masih menunggu kepastian kabar tersebut sambil terus memantau aktivitas di Museum SBY-ANI yang berada di jalur lingkar sekaligus jalur lintas selatan Kota Pacitan.