Amankan Haul Guru Sekumpul, Polres Banjarbaru Siagakan Ratusan Personel

Dalam mengamankan haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Musala Ar-Raudah, Martapura, Polres Banjarbaru juga menurunkan ratusan personel.

Suasana H-1 Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di depan gerbang Kompleks Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Sabtu (28/1) malam. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

apahabar.com, BANJARBARU - Polres Banjarbaru mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Musala Ar-Raudah, Martapura. Sedikitnya ada 236 personel yang dilibatkan dalam pengamanan dan untuk pengaturan lalu lintas.

"Nantinya personel kami akan berjaga di beberapa titik," kata Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody H Kusumah, Minggu (29/1).

Baca Juga: Soal Alquran Dibakar, Gus Yahya: Rasmus Paludan Orang Putus Asa

Di wilayah Liang Anggang sampai Brimob Polda Kalsel, ada 30 personel yang disiagakan. Kemudian di di kawasan Komet dan Mentaos juga sebanyak 30 personel.

Lalu, di Sungai Ulin dan Sungai besar sebanyak 66 personel. Selanjutnya 40 personel berjaga di wilayah Guntung Paikat, Kemuning, Loktabat Selatan.

"Terakhir di Jalan Ahmad Yani dari Brimob Polda Kalsel sampai Bundaran Simpang Empat Banjarbaru, sebanyak 70 personel," ujar Dody.

Baca Juga: Dear Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul: Siapkan Payung, Siang/Sore Berpotensi Hujan

Dia memperkirakan jemaah yang datang 10 kali lipat lebih banyak dibanding haul di Kampung Keramat, Martapura Timur, kemarin.

"Kemungkinan sekitar 70 ribu jemaah yang akan hadir," imbuhnya.

Dody menambahkan ada beberapa titik yang menjadi kerawanan jemaah. Seperti di Q Mall Banjarbaru, lapangan Murjani, SPN Polda Kalsel dan potensi kemacetan di kawasan Bundaran Simpang Empat.