Hot Borneo

Akses Masuk Pantai Manggar Macet, Polisi Alihkan Kendaraan ke Jalan Tol

apahabar.com, BALIKPAPAN – Akibat kemacetan panjang menuju Pantai Manggar, Ditlantas Polda Kaltim dan Satlantas Polresta Balikpapan…

Polisi mengalihkan kendaraan menuju Jalan Tol Manggar untuk mengurai kemacetan, setelah banyak masyarakat mendatangi Pantai Manggar. Foto: Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Akibat kemacetan panjang menuju Pantai Manggar, Ditlantas Polda Kaltim dan Satlantas Polresta Balikpapan akhirnya mengalihkan arus lalu lintas ke Jalan Tol Manggar, Kamis (6/5).

Pantai Manggar sudah mulai didatangi masyarakat, terutama sejak H+1 Idulfitri. Dari catatan posko SAR di Manggar, sudah terdapat sekitar 3.000 pengunjung dalam sehari.

Kemacetan pun tak terhindarkan, karena jumlah kendaraan masuk maupun yang keluar sama banyak.

Situasi inilah yang direspons Ditlantas Polda Kaltim dengan pengalihan arus lalu lintas dari arah Balikpapan menuju Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di titik Manggar.

“Kami menerapkan pengalihan arus lalu lintas masuk ke Jalan Tol Manggar untuk mengurai kemacetan. Berkaca dari kejadian sebelumnya, kemacetan sangat panjang,” papar Dirlantas Polda Kaltim Kombes Sonny Irawan.

Penerapan pengalihan arus lalu lintas masuk ke jalan tol tersebut juga sebagai uji coba untuk persiapan menghadapi akhir pekan.

“Kemacetan tersebut terjadi karena arus lalu lintas di pintu exit Tol Manggar bertabrakan dengan arus lalu lintas dari arah Manggar menuju Balikpapan,” jelas Sonny.

Selain peningkatan jumlah kendaraan, traffic light di kawasan tersebut juga dinilai menjadi salah satu penyebab kemacetan.

“Makanya untuk sementara kami mematikan traffict light, lalu arus dialihkan ke Jalan Tol Manggar sepanjang 1 kilometer, terus balik lagi ke pintu keluar,” beber Sonny.

“Dengan demikian, petugas tidak perlu lagi melakukan pengaturan dan lampu merah dinyalakan. Strategi ini digunakan untuk mengurai kemacetan,” tandasnya.