Hot Borneo

Akhirnya, Konflik Panjang Jalan Adhyaksa Banjarmasin Berujung Damai!

apahabar.com, BANJARMASIN – Akses Jalan Adhyaksa III, Banjarmasin Utara, yang kerap menimbulkan konflik antara warga dengan…

Konflik panjang Jalan Adhyaksa Banjarmasin berujung damai. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Akses Jalan Adhyaksa III, Banjarmasin Utara, yang kerap menimbulkan konflik antara warga dengan PT Papadaan Jaya Bersama (PJB) berakhir damai.

Kesepakatan damai diselesaikan di Rumah Mediasi Amkesi pada Kamis (7/7).

Asisten l Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan Kepemerintahan Pemkot Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan kesepahaman damai disetujui kedua belah pihak setelah bertahun-tahun tidak menemui titik terang.

“Ini tidak terlepas dari itikad baik kedua pihak yang sama-sama ingin menyelesaikan masalah dengan cara kekeluargaan,” ucap Machli Riyadi.

Sebagai mediator, Machli mendapatkan instruksi langsung dari Wali Kota Banjarmasin.

Tidak ada proses yang mengkhianati hasil. Kedua belah pihak pun akhirnya menandatangani surat damai.

Di mana, perusahaan bersedia membangun jalan yang sekarang sudah direalisasikan.

“Ini merupakan itikad baik yang ditunjukkan perusahaan,” kata eks Kadinkes Banjarmasin ini.

Sementara itu, warga Adhyaksa III, H Ipansyah mengaku senang lantaran permasalahan tersebut bisa terselesaikan.

“Kami senang akhirnya permasalahan ini mencapai perdamaian. Ya, selama ini memang ini yang kami harapkan, ada solusi terbaik di antara kami. Terima kasih Pak Machli dan Pemerintah Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Menurutnya, polemik ini memang cukup rumit.

Pasalnya, sudah beberapa kali diadukan ke berbagai pihak. Dari kelurahan hingga kecamatan. Namun selalu menemui jalan buntu.

“Alhamdulillah kini sudah ada jalan keluar. Dan, jalan juga sudah digunakan sesuai fungsinya. Tidak hanya itu, perusahaan juga melakukan perbaikan dengan pengecoran,” tutupnya.

Diketahui, mediasi perdamaian itu juga dihadiri Lurah Sungai Miai Gusti Ikrom Akbar, Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin Mujaiyin dan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.