Religi

Akhir Februari, Pusaka Peninggalan Rasulullah Akan Dipamerkan di Martapura

apahabar.com, MARTAPURA – Jelang Haul ke 15 Abah Guru Sekumpul, akan dipamerkan pusaka peninggalan Nabi Muhammad…

Salah satu artefak Rasulullah SAW. Foto-sindonews

apahabar.com, MARTAPURA - Jelang Haul ke 15 Abah Guru Sekumpul, akan dipamerkan pusaka peninggalan Nabi Muhammad Rasulullah SAW dan para sahabatnya di kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel. Lantas kapan waktunya?

Seperti diketahui, pameran artefak Rasulullah ini dilakukan Pemkab Banjar bekerjasama dengan Galeri Warisan MAR Malaysia.

Sekda Banjar H Mokhamad Hilman mengungkapkan, rencanya pameran digelar pada 28 Februari 2020, bertepatan dengan hari pertama Haul Abah Guru Sekumpul atau Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Gani.

Baca Juga: Mengenal Prof Dr Manan Embong, Pembawa Puluhan Pusaka Rasulullah ke Martapura

Puncak haul Abah Guru Sekumpul tahun ini sendiri pada 1 Maret 2020.

Saat ini, ujarnya, masih tahap proses terkait perizinan dan kesiapan artefak yang didatangkan.

“Sementara penetapan tanggal 28 Februari 2020.
Tetapi bila memungkinkan dimulai tanggal 25 Februari,” kata Sekda Banjar kepada apahabar.com, Minggu (26/1).

Dia menambahkan, pameran akan digelar selama 13 hari, yang direncanakan berlokasi di Gedung Serbaguna di Indrasari Martapura.

Sebelumnya Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith, mengungkapkan, sekitar 35 pusaka peninggalan Rasulullah dan sahabatnya yang akan dipamerkan.

“Kemarin, utusan Profesor Manan yaitu Nik Abdul Naseer Bin Hamzah datang ke sini untuk memastikan kerjasama ini," ujar Aidil Basith kepada apahabar.com.

Untuk diketahui, Prof Dr Abdul Manan bin Embong adalah pemilik Galeri Warisan MAR di di Trenggano, Malaysia. Dia merupakan pakar ethnologi dan artefak Islam.

“Awalnya kami meminta pelaksanaan pameran 10 hari sebelum haul. Namun tidak bisa. Karena pihak Galeri saat ini masih berada di Banten menggekal pameran serupa,” terang Basith.

Baca Juga: Pusaka Rasulullah yang Akan Dipamerkan di Martapura Dipastikan Asli, Pemilik: Siap ke Meja Hijau

Reporter: Ahc22
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin