Formula E

Ada Pemilu, Formula E 2024 Coret Jakarta sebagai Tuan Rumah

Formula E 2024 membatalkan seri Jakarta karena waktunya bersamaan dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pembalap melaju usai start pada balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Pembalap Jaguar TCS Mitch Evans menjadi pemenang usai menjadi yang tercepat menyelesaikan putaran 40 lap dengan catatan waktu 48 menit 28, 424 detik, diikuti pembalap DS Techeetah Jean-Éric Vergne (48 menit 29,157 detik) pembalap Rokit Venturi Racing Edoardo Mortara (48 menit 29,391 detik). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.

apahabar.com, JAKARTA -Formula E 2024 dipastikan tak digelar di Jakarta karena waktunya bersamaan dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dilansir dari keterangan resmi Formula E, Jumat (20/10), Jakarta dicoret dari kalender balapan musim kesepuluh itu.

Sebelum dibatalkan, balapan direncanakan digelar di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol, pada 8 Juni tahun depan. Namun, jadwal itu bertabrakan dengan masa Pemilu 2024 di Indonesia.

"Acara yang direncanakan di Jakarta tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar Juni. Ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalan-jalan ibu kota pada saat yang sama.

Baca Juga: Maximilian Gunther Kuasai Panasnya Formula E Jakarta Round 11!

Meski begitu, Jakarta masih memiliki kesempatan tetap menggelar Formula E tahun depan. 

"Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota pada tanggal alternatif," lanjut keterangan resmi Formula E.

Di musim depan, Formula E akan dimulai di Mexico City, Mexico pada 13 Januari 2024. Sebelum menjalani musim kejuaraan, para pebalap akan melakoni uji coba di sirkuit Valencia, Spanyol pada 23-27 Oktober mendatang.

Baca Juga: Menpora Harap Pebalap Indonesia Bisa Ikut Balapan Formula E

"Formula E akan memimpin motorsport global musim depan sebagai satu-satunya kejuaraan dunia yang berlomba di tiga pasar terbesar China, India, dan Amerika Serikat," kata CEO Formula E Jeff Dodds.

Selain itu, Formula E 2024 juga akan menggelar pertama kali di Sirkuit Internasional Shanghai, Shanghai, China. Bahkan akan melangsungkan dua seri balapan yang akan berlangsung pada Sabtu, 25 Mei dan Minggu, 26 Mei 2024.