Tak Berkategori

ACT Galang Dana untuk Rizki, Bocah Tanpa Anus

apahabar.com, BANJARMASIN – Aksi solidaritas kemanusiaan ditunjukkan rekan-rekan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Banjarmasin, setelah mengetahui adanya…

ACT Banjarmasin bakal menggalang dana untuk kesembuhan Muhammad Rizki bocah yang lahir tanpa anus. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Aksi solidaritas kemanusiaan ditunjukkan rekan-rekan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Banjarmasin, setelah mengetahui adanya kesulitan dihadapi keluarga Yannor (38) atas nasib anak keempatnya, Muhammad Rizki (4), yang lahir tanpa anus dan harus dioperasi susulan.

ACT langsung mendata dan bersiap menjaring dermawan yang mau membantu keluarga ini untuk kesembuhan Rizki.

“Kemungkinan harus ada operasi, maka yang bisa kami lakukan menjaring donatur-donatur yang mau membantu ade Rizki sampai dananya terkumpul untuk biaya operasi,” kata Program ACT Retno Sulisetiyani kepadaapahabar.com.

Retno menyebut, keluarga Yannor sendiri akan dimasukkan dalam programMobile Social Rescue (MSR) agar semakin memudahkan mendapatkan dermawan yang mau membantu kondisi Rizki.

“Penting, karena melalui program ini orang-orang bisa tahu kondisi Rizki,” ujar Retno.

Baca Juga:Sambung Kembali Cita-Cita Ira Lanjutkan Sekolah

Empat tahun sudah berlalu sejak Rizki diberikan pertolongan melalui operasi mengeluarkan usus besarnya agar dapat BAB. Keluarga pun kembali dibingungkan dengan biaya operasi susulan yang harus dilalui Rizki.

"Dari dokter mengharuskan di umur 5 atau 6 tahun baru dioperasi susulan. Operasi waktu itu hanya bersifat sementara untuk membantu Rizki agar bisa bertahan hidup, sedangkan untuk dana operasi mendatang tidak ada. Duit yang ada hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan sekolah kakak-kakaknya," ucap Niah.

Keseharian orang tua Rizki yang hanya seorang petani dan ibu rumah tangga, tidak memungkinkan keluarga ini bisa membiayai operasi anaknya.

"Kalau abahnya mengambil upah bertani. BPJS tidak ada, apalagi saya cuma ibu rumah tangga. Semoga saja ada bantuan dari pihak pemerintah ataupun dermawan membantu kesembuhan anak saya," harapnya.

Baca Juga: Waspada DBD, ACT Kalsel Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Muhammad Bulkini