Pemkab Tanah Bumbu

Abdi Rahman Sambut Tim Penilai Independen

apahabar.com, PELAIHARI – Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020 untuk Pemkab Tala yang dibahas Focus Group…

Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman Saat menyambut Tim Penilai Independen Dalam Acara FGD. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020 untuk Pemkab Tala yang dibahas Focus Group Discussion (FGD) memasuki tahap II.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pencerahan Bappeda, Minggu (16/02) kemarin dibuka oleh Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman, sekaligus menyambut tim penilai independen.

Turut hadir, Sekda Dahnial Kifli, Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husein Irianta, Komisi II DPRD Tala, Edy Purwanto, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala, camat dan pelaku usaha.

Baca Juga: Sudian Noor Kukuhkan Pengurus PWRI Tanbu 2020-2025

Abdi Rahman dalam sambutannya mengharapkan Bappeda bersama dinas terkait memberikan yang terbaik dalam presentasi.

"Kami yakin Bappeda dan dinas terkait telah mempersiapkan segala halnya dengan sebaik-baiknya, sehingga visi misi terjawab dari planning yang telah disiapkan dan action yang telah dilakukan," ujar Abdi.

Pemkab Tala, lanjut dia, sangat serius dalam penyusunan RKPD. Itu terlihat dari seluruh tahapan perencanaan yang telah dilaksanakan dengan baik.

Mekanisme telah dilakukan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) wilayah, kecamatan, forum konsultasi publik, forum gabungan perangkat daerah sampai dengan kabupaten.

Semua itu untuk penyelarasan terkait program prioritas pemerintah pusat dan provinsi, sehingga program yang ada di kabupaten mendukung program prioritas pemerintah pusat.

Ia mengapresiasi adanya penghargaan pembangunan daerah, karena dapat memacu pembangunan di Tala dan memunculkan inovasi baru, sehingga seluruh proses perencanaan di daerah, dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

"Karena itu, semoga hasil penilaian ini dapat memberikan dampak positif kedepannya dengan hasil yang maksimal," pungkasnya.

Seperti diketahui, pada 2020 ini merupakan tahun perencanaan ketiga Sukamta-Abdi Rahman memimpin Kabupaten Tala dalam RPJMD 2018-2023.

Perumusan perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan dinilai perlu dilakukan agar dapat mendukung pencapaian visi-misi Kabupaten Tala, yakni terwujudnya Tala yang berinteraksi (berkarya, inovasi, tertata, religius, aktual dan sinergi).

Baca Juga: Ratusan Peserta Pawai Ta'aruf Semarakkan MTQ di Kecamatan Kuranji

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela