Kalsel

Abaikan Prokes, 4 Warga Tanjung Disanksi Beli Masker

apahabar.com, TANJUNG – Empat warga di Kabupaten Tabalong terjaring operasi yustisi penegakan Perbup No 26 Tahun…

Oleh Syarif
Petugas gabungan di Tanjung Tabalong menegur dan memerintahkan warga yang abai prokes untuk membeli masker. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Empat warga di Kabupaten Tabalong terjaring operasi yustisi penegakan Perbup No 26 Tahun 2020 terkait protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Keempatnya terjaring saat berada di Pasar Jangkung, Kecamatan Tanjung, Jumat (19/2).

Terhadap keempatnya, petugas gabungan yang dipimpin Camat Tanjung Ariyanto, Danramil 1008-03/Tanjung Kapten Inf Suroto dan Kapolsek Tanjung Iptu Dedi Indarto memberikan teguran lisan.

“Selain kami berikan teguran lisan, keempat warga yang abai Prokes juga diperintahkan membeli masker ditempat,” kata Camat Tanjung, Arianto, Jumat (19/2).

Ujar Arianto lagi, dalam operasi yustisi yang menyasar pengunjung dan pedagang serta pengguna jalan juga dilakukan imbauan untuk disiplin menerapkan Prokes Covid-19.

“Kami pinta masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, lebih disiplin memakai masker, menjaga jarak aman, serta Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi kasus Covid-19 yang baru,” pungkasnya.

Terpisah, Danramil 03/Tanjung Kapten Inf Suroto meminta agar masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk menaati protokol kesehatan, terutama di pasar-pasar serta tempat-tempat kerumunan massa.

“Ini sebagai upaya kita menghindari adanya klaster baru di wilayah binaan,” beber Suroto.

Di tempat berbeda, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah, petugas gabungan juga melaksanakan pengawasan protokol kesehatan di tempat ibadah pelaksanaan Salat Jumat.

Antara lain di Masjid Tanjung, Kecamatan Tanjung, Masjid Darul Rahmad, Kecamatan Mangkupum, Masjid At-Taqwa, Kecamatan Upau.

Pengawasan rutin dilaksanakan petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri guna mencegah penyebaran Covid-19 serta untuk mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.