5 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Berpuasa

Umumnya, puasa membutuhkan durasi kurang lebih 13 jam dari waktu menyantap sahur hingga waktu berbuka. Tanpa adanya asupan makanan dan minuman, tentu tubuh akan

Ilsutrasi olahraga di bulan puasa. Foto: Tokopedia.

apahabar.com, JAKARTA - Umumnya, puasa membutuhkan durasi kurang lebih 13 jam dari waktu menyantap sahur hingga waktu berbuka.

Tanpa adanya asupan makanan dan minuman, tentu tubuh akan merasa kekurangan energi untuk beraktivitas, seperti olahraga. Lantas, bolehkah olahraga saat puasa? 

Melansir laman Siloam Hospitals, pada dasarnya, puasa bukanlah penghalang untuk berolahraga. Justru olahraga saat puasa dapat membantu tubuh tetap bugar, selama dilakukan dengan waktu dan jenis yang tepat.

Rekomendasi Jenis Olahraga saat Puasa

Ketika sedang puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman seharian. Sehingga, Anda mungkin tidak memiliki cukup energi untuk menjalani aktivitas yang berat.

Agar tetap aktif, Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan jenis olahraga ringan berikut ini.

1. Yoga

Yoga merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan tidak begitu menguras energi. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks. Tidak hanya itu, manfaat yoga lainnya adalah membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Jalan Santai

Jenis olahraga saat puasa yang direkomendasikan berikutnya adalah jalan santai. Aktivitas fisik ini termasuk ringan, sehingga tidak akan membuang banyak energi ataupun menyebabkan keringat berlebihan. Rutin melakukan jalan santai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagian jantung, tulang, dan otot.

3. Pilates

Selain yoga, pilates juga bisa menjadi alternatif olahraga ringan selama berpuasa. Jenis olahraga ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing orang. Pilates bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, mengatasi stres, serta meningkatkan kekuatan otot.

4. Bersepeda

Bersepeda saat puasa bisa dilakukan dengan jarak dekat, sehingga tidak begitu melelahkan. Selain membantu membakar lemak dan kalori, olahraga ini juga bermanfaat menyehatkan jantung dan mengencangkan otot. Bersepeda santai saat sore hari menjelang berbuka juga bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga rasa stres bisa mereda.

5. Jogging

Jika Anda memiliki energi lebih, cobalah melakukan jogging dengan intensitas ringan. Anda dapat melakukannya di pagi hari (saat masih banyak energi tersimpan) atau sore hari (menghabiskan sisa tenaga menjelang berbuka). Lakukan jogging selama 30 menit, namun segera berhenti jika Anda merasa lelah.