Gempa Cianjur

44 Ribu Rumah Penyintas Gempa Cianjur Sudah Berdiri

Sebanyak 44 ribu rumah milik warga penyintas gempa Cianjur sudah menerima bantuan mendirikan rumah. Baik yang dilakukan secara mandiri maupun dengan melibatkan

Herman Suherman Bupati Kabupaten Cianjur (Foto,apahabar.com /Hasbi)

apahabar.com, JAKARTA - Sebanyak 44 ribu rumah milik warga penyintas gempa Cianjur sudah menerima bantuan mendirikan rumah. Baik yang dilakukan secara mandiri maupun dengan melibatkan pihak ketiga.

Bupati Cianjur, Herman Suherman menerangkan jumlah warga yang sudah menerima bantuan tersebut berjumlah 50 persen dari total keseluruhan 87 ribu warga yang tersebar di kecamatan yang terdampak gempa 5,6 magnitudo yang mengguncang Cianjur.

"Untuk jumlah warga yang sudah membangun kembali rumahnya dari dana bantuan pemerintah," katanya, Kamis (27/4).

Baca Juga: Penyintas Gempa Cianjur Bersyukur Bisa Salat Id di Tengah Keterbatasan

Herman menerangkan selama ini pihaknya telah mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar dapat mempercepat pencairan bantuan untuk korbna gempa Cianjur.

"Hal tersebut dilakukan agar mempercepat warga dapat kembali ke rumahnya masing-masing," katanya seperti dilansir Antara.

Dengan masih adanya warga yang mengajukan permohonan mendapatkan bantuan pembangunan rumah ke penerima tahap IV dan V, pihaknya masih belum bisa memastikan kapan pencairan bantuan akan tuntas.

Baca Juga: Jenazah Korban Gempa Cianjur Kembali Ditemukan dalam Kondisi Tidak Utuh

Hingga saat ini ia masih terus mendorong pihak aparat kecamatan dan desa untuk dapat mengajukan rumah warga yang belum terdapat, meski hingga sampai saat ini sudah sebanyak 87 ribu yang terdaftar menerima bantuan.

"Saya minta semua warga korban gempa yang belum terdata dapat mengajukan melalui dinas penghubung di masing-masing desa atau melalui aparatur kecamatan dan desa setempat," pungkasnya.