Kalsel

43 Calon Anggota Paskibra Balangan Digodok  

apahabar.com, PARINGIN – Menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) orang-orang terpilih yang melewati berbagai tahapan seleksi. Rasa…

Calon anggota Paskibra Balangan menjalani pelatian. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) orang-orang terpilih yang melewati berbagai tahapan seleksi. Rasa senang dan bangga pasti dirasa dalam diri setiap anggota Paskibra Kabupaten Balangan.

Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Balangan membina Sebanyak 43 anggota paskibra Kabupaten Balangan yang terpilih dari berbagai sekolah SLTA se-darajat di Balangan. Mereka mengikuti latihandi Lapangan Dispora Balangan.

Baca Juga: Terbaik III Duta Genre Kalsel, Siswi MAN 1 Rantau Ini Suarakan Stop Nikah Dini

Latihan yang diberikan selama 23 harimulai 22 Juli 2019 hingga 14 Agustus 2019 mendatang, dengan 3 pelatih dari Polres Balangan, 3 dari Koramil 1001-02/Paringin, 3 dari Puskesmas Paringin dan, 4 pembina dan 9 panitia dari Dispora Balangan.

Sertu Rahmadi, anggota Koramil 1001-02/Paringin dan jugasalah satu pelatih Paskibra Balangan, mengatakan, latihan tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris. "Sejatinya Paskibra dituntut untuk kompak dan rapi dalam kegiatan baris berbaris, untuk suksesnya mengibarkan sang saka merah putih pada 17 Agustus 2019 mendatang di Hut RI ke-74 di Kabupaten Balangan,” ucapnya.

“Disamping itu, latihan paskibra juga bertujuan membentuk karakter para siswa agar lebih disiplin dan memupuk jiwa Nasionalisme. yang sudah terpilih ini sebanyak 43 mesti bersyukur karena mereka akan menambah pengetahuan selama kegiatan latihan ini,” lanjut Rahmadi.

Ia juga mengatakan banyak pengetahuan yang mereka peroleh seperti kedisiplinan, keberanian, kekompakan, kerapian dan unsur seni. Pengetahuan ini menjadi bekal hidup masa depan.

“Mereka di latih disiapkan sebagai pasukan pengibar bendera tingkat Kabupaten Balangan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 mendatang,” jelasnya

“Sebanyak 43 siswa-siswi diberikan materi peraturan baris berbaris (PBB) hingga tata cara pengibaran bendera Merah Putih yang baik dan benar, oleh karena itu, pemberian materi kepemimpinan dan kekompakan itu sangat penting agar dalam pelaksanaan kegiatan pengibaran bendera terlihat indah dan rapi,” pungkasnya Rahmadi.

Baca Juga: Pernikahan Dini, Pemicu Utama Anak Putus Sekolah di HSU dan Batola

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Syarif