Kalsel

41 Komunitas Siap Ramaikan Aruh Pemuda Sanggam 3 Gelaran KNPI Balangan

apahabar.com, PARINGIN– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Balangan siap menggelar Aruh…

Meriahnya pelaksanaan Aruh Pemuda Sanggam ke-2 tahun lalu. Foto-Istimewa.

apahabar.com, PARINGIN– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Balangan siap menggelar Aruh Pemuda Sanggam 3 (APS 3), 6 sampai 8 Desember mendatang.

Sedikitnya sudah ada 41 komunitas memeriahkan ajang kreatifitas pemuda yang terpusat di Tugu Maritam, Komplek Perkantoran Pemkab Balangan di Kecamatan Paringin Selatan.

Ketua Pelaksana APS 3 Youwidyono mengatakan sejauh ini persiapan mencapai 80 persen. Dia optimis akan memberikan yang terbaik di ajang ini.

“Sekarang ini sudah 41 peserta komunikasi dan organisasi yang siap meramaikan APS 3. Untuk pengisi acara nanti dari band lokal dan sanggar seni yang ada di Balangan. Ada pula Guest Star dari luar Kalimantan yang ikut meramaikan APS 3,” ujarnya, Sabtu (23/11).

Dia menegaskan pada APS 3 kali ini, panitia pelaksana memfasilitasi panggung utama ukuran 10×12 meter beserta sound dan lighting. Sehingga mereka yang tampil dapat mengekspresikan kemampua secara maksimal.

“Selain itu juga dari hiburan dan pertunjukan yang ditampilkan, kami juga siapkan bagi para UMKM 9 tempat untuk berjualan,” ungkapnya Youwidyono.

Dia berharap kedepannya APS ini menjadi agenda tahunan bagi pemerintah daerah seperti Expo pembangunan di hari jadi Balangan. Pasalnya, APS juga mampu memberikan dampak positif bagi para generasi muda Balangan untuk terus berkarya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Balangan H Husin menilai kegiatan tersebut tak hanya jadi wadah kaum milennial tapi juga mampu memajukan seni budaya di Balangan.

“Kegiatan para pemuda yang digelar oleh DPD KNPI Kabupaten Balangan ini mampu memberikan arah yang positif bagi para pemuda Balangan. Sehingga para pemuda bisa berkreativitas dengan berbagai kegiatan dalam pembangunan di Balangan,” nilainya.

Terpisah, salah satu warga Balangan, Dewi merasa ajang ini lebih meghibur dan menyenangkan. “Jadi saya lebih tahu peran pemuda Balangan yang terhimpun dalam suatu komunitas dan organisasi kepemudaan di Balangan,” timpal Dewi.

Baca Juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Saban akan Gowes ke Makam Pahlawan

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin