tips kesehatan

4 Rempah Penyedap dengan Khasiat Antibiotik Alami

Antibiotik dikenal mampu menghambat pertumbuhan bateri dalam tubuh. Tapi, obat antibiotik harus digunakan sesuai dengan takaran dokter.

Ilustrasi rempah. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, JAKARTA –Antibiotik dikenal mampu menghambat pertumbuhan bateri dalam tubuh. Namun, obat antibiotik harus digunakan sesuai dengan takaran dokter.

Untungnya, antibiotik bisa ditemukan pada sejumlah tumbuhan yang sejatinya banyak digunakan sebagai rempah penyedap makanan.

Dengan demikian, antibiotik yang terkandung dalam bahan dapur tidak hanya membantu penyembuhan tubuh tapi juga membuat makanan jadi lebih nikmat.

Berikut empat rempah-rampah yang memiliki kandungan antibiotik alami yang dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Baca Juga: Punya Kolesterol Tinggi, Konsumsi 4 Bumbu Dapur Ini

Bawang Putih

Banyak yang tidak menyadari bahwa bahan dapur satu ini memiliki kandungan antibiotik alami, padahal rempah tersebut sering ditemukan pada berbagai hidangan Asia, yaitu bawang putih.

Bawang putih merupakan rempah yang paling mudah ditemukan dan digunakan oleh banyak orang.

Dilansir dari The Indian Express, bawang putih memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu melawan sejumlah bakteri berbahaya dalam tubuh.

Senyawa anti-inflamasi adalah kandungan alami yang biasa terdapat dalam makanan, berfungsi untuk mengeluarkan sejumlah bakteri, virus bahkan organism easing yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Aman dan Sehat, 5 Jenis Olahraga untuk Orang Obesitas

Jahe

Jahe merupakan rempah yang banyak diguankan untuk membuat sup atau bisa dikonsumsi dengan meminumnya. Dikenal memiliki efek untuk menghangatkan tubuh dari dalam.

Tidak hanya itu, jahe diketahui memiliki lebih banyak manfaat. Dilansi dari tandfonline.com, jahe miliki banyak senyawa yang bermanfaat untuk tubuh, seperti antimikroba, antitoksidan, anti-inflamasi, antikoagulan dan masih banyak lain.

Banyaknya senyawa baik yang dikandung oleh jahe, tidak heran jika sejumlah obat herbal sering menggunakan tempah yang satu itu. Tapi, bila dikonssumsi secara berlebih dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Segarnya Orange Americano Squash, Minuman Penangkal Gerah yang Praktis Diolah

Kunyit

Seperti bawang putih, kunyit menjadi salah satu rempah yang paling banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Banyak orang yang memanfaatkan kunyit sebagai penyedap alami makanan.

Di sisi lain, kunyit sendiri memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Di dalam kunyit terdapat kandungan yang disebut sebagai kurkuminoid. Senyawa tersebut memiliki fungsi yang sama sebagai antitoksidan dan anti-inflamasi.

Satu senyawa tersebut memiliki fungsi penyembuhan yang hampir sama dengan jahe, sehingga sangat baik dikonsumsi bila tubuh sedang tidak fit. Namun, bila dikunsumsi secara berlebihan akan menyebabkan ginjal batu.

Baca Juga: Siapkan Popcorn! 5 Film Bergenre Aksi Ini Buatan Sineas Indonesia

Cengkih

Rempah yang dapat menjadi antibiotik alami berikutnya adalah cengkih. Tanaman yang biasa diolah menjadi campuran teh tersebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Selain mengandung banyak senyawa antioksidan, cengkih memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti mampu meningkatkan kesehatan hati/liver sampai dengan pencegahan kanker.

Selain itu, cengkih juga memiliki kandungan minyak essensial yang berfungsi sebagai anti-mikroba dan dapat menghilangkan bakteri jahat dalam tubuh.