Tak Berkategori

2.194 Koli Surat Suara Kembali Tiba di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Jutaan lembar surat suara atau sebanyak 2.194 koli kembali tiba di Banjarmasin. Surat…

Jutaan lembar surat suara tiba di Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Muhammad Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Jutaan lembar surat suara atau sebanyak 2.194 koli kembali tiba di Banjarmasin. Surat suara tersebut terdiri dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil 1, DPRD Kota Dapil 2 dan DPRD Kota Dapil 3.

“Ini surat suara terakhir untuk kota Banjarmasin,” ucap Sekretaris KPU Kota Banjarmasin, Husni Thamrin kepada apahabar.com, Selasa (26/2/2019).

Baca Juga:30 Personil Diterjunkan, Uji Coba Sistem Satu Arah di Jalan Pierre Tendean

Adapun jumlah surat yang tiba tersebut yakni, surat suara Pemilu DPD sebanyak 456.027 lembar atau 913 pack dengan jumlah 1 pack sama dengan 500 lembar.

Surat suara DPRD Provinsi Dapil Kalsel 1 sebanyak 456.027 lembar atau sebanyak 913 pack dengan jumlah 1 pack sebanyak 500 lembar.

Kemudian, surat suara DPRD Kota dapil 2 sebanyak 100.159 lembar atau 200 pack. DPRD Kota Dapil 3 sebanyak 83.335 lembar atau sebanyak 167 pack. Sehingga, jumlah keseluruhan surat suara yang tiba sejumlah 2.194 koli.

Menurut Husni, surat suara nantinya akan disimpan di gedung Taman Budaya Banjamasin. Lalu akan dilakukan penghitungan ulang, apakah sudah sesuai dengan jumlah pemilih. Untuk kemudian, dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Kalau untuk datang pertama kemaren. Surat suara untuk Pilpres, DPR RI Kalsel 2, DPRD kota Banjarmasin Dapil 1, 4 dan 5 sudah lengkap,” cetusnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu kota Banjarmasin, Rahmadiansyah akan terus melakukan pengawasan terhadap surat suara tersebut. Ia memastikan surat suara yang telah tiba akan terjaga keamanannya.

“Surat suara ini disortir terlebih dahulu agar bisa dipastikan surat suara akan memenuhi target suara pemilih di pelaksanaan nantinya,” jelasnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengawal kotak surat suara tersebut.

“Kita saling koordinasi dengan pihak kepolisian,” tutupnya.

Baca Juga:Dianggap Lips Service, Simak Penjelasan Badan Pengelola Geopark

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Syarif