21 Musisi Bakal Meriahkan Peresmian Lokananta

21 musisi lintas generasi menandai diresmikannya Lokananta yang baru. Mereka bakal tampil, akhir pekan ini. Mulai, Sabtu (3/6) hingga Minggu (4/6) ini.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming foto bersama dengan pengelola Lokananta. Foto : apahabar.com/Fernando

apahabar.com, SOLO - 21 musisi lintas generasi menandai diresmikannya Lokananta yang baru. Mereka bakal tampil akhir pekan ini. Mulai, Sabtu (3/6) hingga Minggu (4/6).

Event ini bertajuk Festival Lokananta. Ada sederet musisi tanah air yang bakal manggung. Di antaranya; Andien, D'masiv, David Bayu, The Changcuters, Kla Project hingga Vina Panduwinata.

Baca Juga: Titiek Puspa Singgung Pemerintah, Gibran Senang Dapat Wejangan

Direktur Utama Danareksa, Yadi Jaya Ruchandi mengatakan, proses revitalisasi studio rekaman pertama di Indonesia itu membutuhkan waktu enam bulan. Di mana pembangunan fisik dimulai pada November 2022 lalu.

"Naskah rekaman proklamasi diproduksi di sini. Lokananta sempat mencapai masa jayanya, kemudian terbengkalai sejak 1990-an. Lalu Kementerian BUMN menugaskan kepada kami holding Dana Reksa dan PPA untuk melakukan revitalisasi," ungkapnya.

Salah satu pengunjung sedang melihat koleksi piringan hitam di Lokananta. Foto : apahabar.com/Fernando

Di tanah seluas 2,1 hektare di pusat Kota Solo. Lokananta ke depan akan berfokus kepada 5 pilar bisnis. Mulai dari museum atau galeri, studio rekaman, arena pertunjukan, area F&B dan galeri UMKM.

Dilain pihak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming optimis. Lokananta yang baru ini dapat menjadi tempat anak muda berkreasi mencurahkan idenya.

"Jadi Kota Solo jangan sampai diejek kota yang tidak punya destinasi. Kota-kota yang bangunannya banyak yang mangkrak. Sudah saya benerin semua," tandas Gibran.