15 Parpol di Tanah Bumbu Daftarkan Bacaleg ke KPU

Belasan partai politik (parpol) di Kabupaten Tanah Bumbu mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) dengan menyerahkan berkas ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penyerahan berkas bacaleg di KPU Tanah Bumbu. Foto-KPU Tanah Bumbu

apahabar.com, BATULICIN - Belasan partai politik (parpol) di Kabupaten Tanah Bumbu mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) dengan menyerahkan berkas ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Dari 18 parpol yang lolos dalam pemilu 2024 mendatang, ada 15 parpol yang menyerahkan berkas bacaleg di KPU Tanah Bumbu.

"Sejak dibuka pendaftaran dari tanggal 01 hingga 14 Mei 2023. Ada 15 parpol yang menyerahkan berkas dokumen bacaleg," ujar Ketua KPU Tanah Bumbu, Makhruri, Senin (15/5).

Ke 15 partai tersebut yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 35 bacaleg, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 35 bacaleg, dan Partai Demokrat 20 bacaleg.

Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 35 bacaleg, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 35 bacaleg, Partai Golongan Karya (Golkar) 35 bacaleg, dan Partai Bulan Bintang (PBB) 1 bacaleg. 

Selanjutnya Partai Nasdem 35 bacaleg, Partai Amanat Nasional (PAN) 35 bacaleg, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 35 bacaleg, Partai Ummat 35 bacaleg, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) 33 bacaleg, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 10 bacaleg, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 12 bacaleg, dan Partai Buruh 15 bacaleg.

"Untuk Partai Garuda dan Partai Hanura tidak ada calon. KemudiannPartai Kebangkitan Nusantara (PKN) tidak ada pengurusnya di Tanah Bumbu," ujar Makhruri.

Makhruri menuturkan pihaknya dituntut berkualitas dan beintregritas menghadapi pemilu ini.

"Kami semua penyelenggara pemilu konsisten bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan benar sesuai aturan," pungkasnya.