Kabar Haji 2023

14 Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Meninggal di Tanah Suci

Kantor Kementerian Agama Kalimantan Selatan merilis jamaah Embarkasi Banjarmasin yang meninggal selama musim haji 2023. Jumlahnya 14 orang.

Keberangkatan Calon Jemaah Haji (Ist/apahabar.com)

apahabar.com, BANJARMASIN - Kantor Kementerian Agama Kalimantan Selatan merilis jamaah Embarkasi Banjarmasin yang meninggal selama musim haji 2023. Jumlahnya 14 orang.

Mereka adalah jemaah asal Kalimantan Selatan dan Tengan (Kalselteng). "Kabar dukacita terbaru tiga orang haji Kalselteng yang wafat di Tanah Suci," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin di Banjarmasin dilansir Antara, Minggu (16/7).

Dari tiga jemaah itu, ia lantas merincikan. Pertama adalah Jumiati Soeyatno Kasan dari Kloter 15 asal Banjarbaru, Kalsel. Dia meninggal dunia pada 14 Juli tadi di Mekkah.

Baca Juga: Banyak Jemaah Wafat, Lansia Pergi Haji Wajib Perhatikan Hal Ini

Lalu, ada Nuryani Binti Darsani,(61) dari Kloter 8 asal Hulu Sungai Utara, Kalsel. Ia meninggal 15 Juli di Madinah.

Terakhir adalah Hamsiah binti Rajak (77). Jemaah kloter 6 asal Katingan, Kalteng itu meninggal pada 14 Juli di Mekkah.

Dengan begitu, total ada delapan jemaah asal Kalsel dan enam orang dari Kalteng yang meninggal dunia di Tanah Suci.

Baca Juga: Ibadah Haji Penuh Luka: Tragedi Mina 1990 dan Tragedi Mina 2015

"Bagi jamaah haji yang lainnya, tetap semangat dalam melaksanakan ibadah. Dan terus jaga kondisi kesehatan sampai nanti kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat," tutupnya.

Saat ini jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke tanah air melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor sebanyak lima Kloter dari 18. Keseluruhan, sebanyak 5.708 orang termasuk petugas haji yang diberangkatkan.