Tak Berkategori

14 Februari Launching Bebas Kantong Plastik di Pasar Tradisional

apahabar.com, BANJARMASIN – Rencana Pemerintah Kota Banjarmasin menekan penggunaan plastik hingga ke pasar tradisional bakal direalisasikan….

Membuat belanjaan dengan kantong plastik segera dihilangkan Pemerintah Kota Banjarmasin. Foto-Blog TribunJualbeli

apahabar.com, BANJARMASIN - Rencana Pemerintah Kota Banjarmasin menekan penggunaan plastik hingga ke pasar tradisional bakal direalisasikan. Launching bebas kantong plastik akan dilaksanakan 14 Februari 2019 mendatang.

Pada kegiatan itu, pemerintah akan membagikan ribuan bakul sebagai pengganti ibu-ibu membuat belanjaan dengan kantong plastik.

Menurut Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah, pembagian bakul di pasar tradisional sekaligus mengedukasi masyarakat agar menggunakan barang yang ramah lingkungan daripada kantongan plastik.

“Kita ketahui plastik ini benda yang sulit terurai, bahkan sampahnya mencemari lingkungan. Maka dari itu diperlukan bakul sebagai alternatif menggunakan kantong plastik di pasar tradisional,” ucapnya dalam rapat kerja bersama SKPD, Camat, dan Lurah se Kota Banjarmasin, Rabu (30/1/2019).

Baca Juga:Berita Tabloid Indonesia Barokah Tak Pengaruhi Perolehan Suara Prabowo-Sandi

Dalam pembagian bakul nanti, Herman minta dilaksanakan di seluruh pasar tradisional baik itu swasta maupun milik Pemerintah Kota Banjarmasin. Tidak hanya itu, sebagai wujud edukasi, para ASN maupun pegawai di seluruh jajaran Pemko Banjarmasin memberikan contoh menjalankan program itu.

“Jangan sampai ASN terlihat membawa belanjaan dengan kantongan plastik. Karena dari itu pekerja di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin harus lebih dulu mencontohkan kepada masyarakat,” bebernya.

Herman juga menegaskan, acara nanti juga jangan sampai hanya sekedar acara seremonial. Ia meminta semua SKPD dan jajaran Pemko Banjarmasin, komitmen menjaga itu semua agar program dan niat mengurangi sampah plastik berjalan baik.

Rencananya pengurangan kantong plastik itu bakalan disosialisasikan di Pasar Teluk Dalam dan Pasar Pandu yang menjadi pilot projeknya. Kemudian terkait pembagian bakul, sedikitnya akan ada sekitar 10 ribu bakul yang akan dibagikan ke masyarakat.

Sebagai pelaksana pembagian bakul, dikoordinatori camat wilayah masing-masing bekerja sama dengan Dinas Perindag Kota Banjarmasin, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dan lurah setempat.

Baca Juga:Hindari Kemacetan, Dishub Siap Amankan Parkir Liar di Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif