Pemilu 2024

134 Bacaleg Kaltim Rebutin 8 Kursi DPR: Wali Kota hingga Dokter Muda

Sebanyak 134 bacaleg dari Kalimantan Timur akan bertarung di Pileg 2024.

Tak ada pengurangan kursi DPRD kabupaten/kota di Kalsel pada Pileg 2024 mendatang. Foto ilustrasi-Detik

apahabar.com, JAKARTA - Sebanyak 134 bacaleg dari kalimantan timur akan bertarung di Pileg 2024. Peraturan KPU yang baru tersebut juga menetapkan untuk pemilihan anggota DPR.

Wilayah Kaltim tidak mengalami perubahan, yakni tetap dalam satu Dapil dengan jumlah kursi yang diperebutkan delapan.

Sejumlah tokoh Kaltim yang berebut kursi di senayan berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari pengusaha, mantan birokrat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dokter, hingga dari kalangan masyarakat biasa juga ada yang mendaftarkan diri menjadi caleg.

Baca Juga: 185 Bacaleg Kalsel Rebutin 11 Kursi DPR, Plus 10 Petahana Bertarung

Salah satunya, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi memastikan dirinya akan bertarung sebagai calon anggota DPR RI di Pemilu 2024 dari Partai Gelora. Partai Gelora Kaltim juga mengusung mantan wakil Wali Kota Samarinda Sarwono untuk maju DPR RI.

Safaruddin, seorang Purnawirawan perwira tinggi Polri yang sebelumnya menjabat Pati Baintelkam Polri juga ikut serta dalam kontestasi pieg 2024. Selain itu ada juga nama Etha Rimba P Tandi Payung, seorang dokter muda sekaligus anggota DPRD Bontang Kalimantan Timur 2019-2024. Etha yang diusung oleh Gerindra, yang ikut bertarung di Dapil Kaltim DPR RI.

Nama selanjutnya yaitu Irwan Fecho, politisi kelahiran Kutai Timur, Kalimantan Timur pada tanggal 30 April 1979. Politikus Partai Demokrat ini juga kembali maju menjadi calon anggota DPR RI 20024. Saat ini Irwan menjabat sebagai anggota DPR-RI Komisi V.

Baca Juga: Caleg DPR Dapil Jakarta III: Keponakan Prabowo hingga Pasha Ungu

Selanjutnya ada mantan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Kini ia memasang target untuk duduk di kursi Senayan pada Pemilu 2024. Mantan Walikota Balikpapan dua periode ini akan maju sebagai calon anggota DPR RI melalui Partai Nasdem.